Raden Destarastra Berputra 100 orang

Raden Destarastra
Raden Destarastra
Tempat tinggal : Astina
Nama Istri : Dewi Gendari
Nama Ayah : Begawan Abiyasa

Anak : Jumlah anaknya adalah 100 (Kurawa).
Dimana 99 orang laki- laki dan hanya ada 1 orang perempuan. putra sulungnya adalaha Duryadhana. dan putri tunggalnya adalah Dewi Dursilawati.

dikisahkan bahwa Destarastra telah menikah sudah jukup lama namun belum juga dikarunia anak. kemudian sang istri Dewi Gandari berdoa kepada dewa agar segera diberi keturunan. dikabulkanlah permintaan gandari namun 

nantinya jika anak-anaknya beranjak dewasa mereka akan meninggal. oleh sebab itulah dewi Gandari menginginkan anak dalm jumlah banyak. dan permintaan itupun dipenuhi oleh dewa. hingga lahirlah 100 orang itu (Kurawa). 

beliau memiliki kekurangan sejak lahir yaitu buta kedua matanya, sehingga tidak dapat melihat keindahan dunia. dengan kekurangannya tersebut maka tahta kerajaan Astina diturunkan kepada adiknya yaitu Raden Pandu.

Beliau adalah Raja wakil dari kerajaan Astina, karena Raden Pandu masih kecil sehingga untuk sementara Destarastra lah raja sementara dari Astina. dan karena kebutaanya itu sang istripun dengan iklas menutup kedua matanya 

sebagai tanda baktinya seorang istri kepada suami. 
Prabu Destarastra selalu dipengaruhi oleh istri dan saudara iparnya Yaitu Arya Sengkuni, sehingga ia enggan untuk mengembalikan tahta kerajaan kepada adiknya, tetapi justru diberikan kepada putra sulungnya Duryadhana.

inilah awal mula terjadinya permusuhan antara Pandawa dan Kurawa. 
setelah Astina diberikan kepada putranya, beliau banyak bertapa dan meninggal setelah perang Baratayuda berakhir.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments:

  1. Terimakasih untuk pencerahannya tentang Prabu Destarastra

    ReplyDelete