RESI MANUMAYASA LELUHURNYA PARA PANDAWA DAN KURAWA

dalam wayang purwa versi jawa, ada banyak sekali tokoh- tokoh memiliki kesaktian setingkat dewa, berikut ini akan diulas beberapa tokoh yang setingkat dengan dewa
1. Resi Manumayasa
RESI MANUMAYASA LELUHURNYA PARA PANDAWA DAN KURAWA
RESI MANUMAYASA
Nama Ayah : Bambang Parikenan

Nama Isteri : Dewi Kanastri/ Retnowati

Tempat tinggal : Padepokan Ratawu

kelahiran Manumayasa bersamaan dengan Sang Hyang Ismaya hidup dimayapada dengan wujud Lurah Semar. dimana dia ditugaskan oleh Sang Hyang Tunggal untuk mengasuh para kesatria

yang berbudi Utama. dan Manumayasa beserta keturunannya pun diasuh oleh semar. pada suatu ketika semar dan Manumayasa berada dihutan dan diker oleh dua ekor harimau.
karena ketakutan semar pun lari menuju ke tempat manumayasa berada. setelah itu, kedua harimau tersebut dipanah oleh manumayasa. 

tiba- tiba dua harimau ibu berubah menjadi dua bidadari yakni dewi Kaniraras dan dewi Kanastri. akhirnya dewi kaniraras diperistri oleh semar dan dewi Kanastri diperistri oleh Manumayasa.
dimana dari pasangan ini melahirkan Bambang Sekutrem dan Sriyati. Bambang sekutrem menjadi leluhurnya PANDAWA dan KURAWA. Sriyati menjadi leluhurnya Prabu Salya dan Dewi Madrim.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment