BATARI DURGA RAKSASA JELMAAN DEWA

Dalam cerita wayang, terdapat tiga golongan penokohan, yaitu; dewa, manusia dan raksasa. berikut ini adalah salah satu tokoh dewi atau bidadari yang menghiasi cerita wayang.

3. Batari Durga
BATARI DURGA
BATARI DURGA
Suami : Batara Kala

Tempat tinggal : Hutan Setra Gandamayit

Bentuk : Raseksi ( raksasa perempuan) yang bengis dan ganas.

BATARI DURGA
Pada awalnya dia adalah seorang putri yang cantik jelita. dia adalah seorang bidadari dengan mana Dewi Uma. ia sangat dicintai oleh Hyang Guru. suatu ketika disaat Hyang Guru menaiki lembu Nandini melihat keindahan jagad raya bersama dewi Uma,

Timbulah nafsu dari Sang Hyang Guru, namun Dewi Uma menolaknya karena sedang berada diatas  lembu Nandini. karena sangat bernafsu maka kamnya( sperma) jatuh kelaut yang akhirnya lahirlah Batara Kala. lalu dewi Uma diajak pulang kekayangan. 

Batara Guru sangat marah dan dikutuklah dewi Uma menjadi raseksi yang ganas dan bengis serta diusir untuk tinggal dihutan  Setra Gandamayit.

Pada saat batar Guru memaksa dewi Uma, ia pun mengutuk perilaku batara Guru seperti Raksasa, maka jadilah batara guru mirip raksasa dengan memiliki caling. 
batari Durga akan kembali ke bentuk semula jika diruwat oleh satria bungsu pandawa yaitu raden sadewa dalam lakon SUDAMALA atua DURGA RUWAT.
Batari durga di Setra Gandamayit memerintah para jin, iblis, banapati, gandruwo, engklek- engklek balung antandak dan sejenisnya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment