Gatotkaca Jagonya para Dewa

Gatotkaca Jagonya para Dewa
Gatotkaca
Bisa terbang, adalah salah satu kesaktian dari kesatria ini. gabungan antara raksasa dan manusia dialah Gatotkaca

2. Raden Gatotkaca

Tempat tinggal : Pringgandani

Nama lain :
- Raden Tetuka
- Raden Bimasuta
- Raden Arimbatmaja

Nama Istri : Dewi Pregiwa putri dari Raden Arjuna

Nama Anak : Raden Sasikirana

Nama Ayah : Raden Werkudara
Nama Ibu : Dewi Arimbi

Raden Gatotkaca memiliki kesaktian yang luarbiasa, meskipun tidak mempunyai senjata. tetapi seluruh anggota tubuhnya tidak akan mampu ditembus oleh senjata apapun kecuali milik adipati karna. dia mengenakan baju yang bisa terbang yang dikenal dengan nama Kotang ontokusuma. 

setelah lahir ari- ari (taki pusar) tidak dapat dipotong menggunakan senjata apapun lihat pada lakon GATOTKACA LAHIR. dan akhirnya dapat dipotong oleh slongsong keris yang menjadi rebutan anatara arjuna dan Karna. dan Adipati Karna mendapatkan pusakanya, sementara Arjuna mendapatkan selongsongnya. 

akhirnya selongsong itulah yang dipakai untuk memotong tali pusar raden Gatotkaca dan masuk ketubuhnya lihat GATOTKACA GUGUR. nantinya dalam perang baratayuda, gatotkaca gugur oleh Adipati Karna, karena senjata yang dipakai adalah senjata yang selongsongnya ada dipusar Gatotkaca.
lalu dibawa kekahyangan dan dimasukan kedalam kawah candradimuka. hingga akhirnya dia menjadi satria piling tanding. karena itulah dia menjadi sakti, dan dijagogan para dewa. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment