RADEN WERKUDARA PENGHUKUM DARI PANDAWA

Tak disangsikan lagi tokoh yang satu ini merupakan gabungan antara kebenaran, kejujuran, dan keadilan yang dilengkapi dengan kekuatan dan keluhuran budi. dia adalah Werkudara

RADEN WERKUDARA PENGHUKUM DARI PANDAWA
Raden Werkudara

2. Raden Werkudara

Tempat Tinggal : Njodipati ( Tunggul Pamenang)

Nama Lain : 
- Raden Bima
- Raden Bratasena
- Raden Bayusuta
- Raden Gundawatratmaja

Nama Istri dan Anak :
- Dewi Nagagini ( Antareja)
- Dewi Arimbi ( Gatotkaca)
- Dewi Uragayu ( Antasena)

Nama Ayah : Prabu Pandudewanata

Nama Ibu : Dewi Kunthitalibrata




Nama Pusaka :
- Kuku Pancanaka
- Gadha Rujakpolo
- Gadha Lambitamuka

Werkudara adalah penegak kerajaan Amarta yang memegang keadilan dan kebenaran. dia tidak pernah takut kepada siapapun. kesaktiannya sangat luarbiasa. 
tidak mengenal basa- basi kepada siapapun dan selalu berkata jujur. dia selalu mendampingi sang kakak kemanapun sang kakak pergi. werkudara sangat menghormati wanita, terlebih ibunya.
pada waktu menyamar dalam pembuangan 12 tahun akibat pandawa kalah taruhan dengan kurawa dalam lakon bale sigala-gala, namanya diganti menjadi Raden Balawa dinegara Wirata.
dia bekerja sebagai tukang potong sapi dan kerbau. disana dia berhasil menolong Prabu Matswapati dari cengkraman Kurawa. 
semasa muda dia bernama Raden Bratasena, adalah murid dari pendeta Durna. karena ketekunan dan kejujurannya dia air suci Tirta Pawitra Suci dari Dewa Ruci.
Raden Bima juga sering menjadi begawan untuk ketentraman dunia misalnya menjadi Begawan Paksajandhu, Begawan Bima Suci.
dalam perang bharatayuda hampir seluruh pasukan kurawa dimusnahkan oleh Raden Bima. duryadana pun tewas ditangan werkudara.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment