DEWA BRAMA SANG PENGUASA API

Salah satu dewa dalam cerita pewayangan yang cukup disegani oleh sesama dewa. 

4. Batara Brama

Tempat tinggal : Kayangan Deksina atau Argadahana
Nama Ayah : Batara Guru
Nama Ibu : Batari Uma
Nama Istri : Dewi Saraswati
Nama anak : Dewi Dresanala
Kesaktian : Dewa yang Mmenguasai Api.

BATARA BRAMA
BATARA BRAMA
Ia pernah memberikan pusaka Alugara dan Nanggala kepada Raden Kakrasana pada saat bertap a di pertapan Arsonya. atas kejadian tersebut maka Hyang Brama laksana guru dari raden Kakrasana.

Maka kalau kita lihat bentuk wayang dari Raden Kakrasana, Prabu Baladewa mirip dengan Batara Brama. ia selalu mengikuti Batara Guru turun ke Ngarcapada ( bumi), dengan menjelma
menjadi seorang Raja seberang dengan nama seperti Pabu Dewa Pawaka atau deengan nama- nama yang lain. namun penyamarannya selalu digagalkan oleh Ki lurah Semar.

Oleh karena itu, keinginannya memusnahkan pandawa dan membuat onar dibumi selalu kandas. hal ini dapat dilihat dalam lakon WISANGGENI LAHIR.

Ketika ingin mengawinkan Dewi Dresanala dengan Dewa Srani dengan menceraikan Raden Arjuna namun dapat digagalkan oleh Semar dan pandawa. dalam cerita ini semua tindakan salah entah itu dewa maupun manusia pasti akan kalah dan yang benar akan menjadi pemenangnya.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment